Uwes Fatoni Dampingi Pengelola Jurnal Ilmu Dakwah se-Indonesia dalam Pelatihan Daring Reakreditasi Jurnal Seri Ke-2 PPJID


Bandung, PPJID (Perkumpulan Pengelola Jurnal Islam Dakwah) kembali mengadakan pelatihan daring akreditasi jurnal bidang ilmu dakwah Sabtu, 18/04/20. Webinar seri ke-2 yang memanfaatkan aplikasi zoom ini diikuti oleh 50 pengelola jurnal dakwah se-Indonesia dari Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. Di seri ke-1 Sabtu sebelumnya pelatihan membahas tentang proses akreditasi jurnal sedangkan pertemuan Sabtu ini seri ke-2 menjelaskan proses reakreditasi jurnal dan best practice dari pengelola jurnal terakreditasi Sinta 2, dan seri ke-3 Sabtu berikutnya akan mengungkapkan penulisan artikel untuk konferensi internasional terindeks scopus, pada tanggal 25 April 2020.

Pelatihan daring seri ke-2 ini diarahkan oleh Syahril Furqan, wakil ketua PPJID, pengelola jurnal Al-Bayan UIN Ar-Raniry Aceh dan narasumber ketua PPJID Uwes Fatoni dari jurnal Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletics Studies UIN SGD Bandung serta Aprezo, pengelola jurnal Islamic Guidance and Counseling (IGCJ) IAIM NU Metro Lampung. Kedua narasumber ini adalah pengelola jurnal yang sudah terakreditasi Sinta 2.

Uwes Fatoni, dalam pemaparannya menjelaskan tentang syarat akreditasi, proses penilaian akreditasi dan diakhiri dengan membedah jurnal Dakwah salah satu peserta.

Adapun Aprezo menjelaskan pengalamannya dalam mempersiapkan jurnal IGCJ. Ia membuka rahasia kenapa jurnal IGCJ bisa terakreditasi Sinta 2 sejak Volume 1 Nomor 1.

“Pengelola jurnal harus banyak belajar dan membuat tampilan dan pengelolaan jurnal yang baik, siapkan editor dan reviewer jurnal yang bersedia membantu persiapan jurnal, dan lakukan penilaian evaluasi diri dengan meminta pandagan dari asesoe jurnal” ungkapnya.

Para peserta yang juga pengelola jurnal ilmu dakwah seluruh Indonesia antusias mengikuti acara ini. Mereka mengakui bahwa pelatihan tersebut merupakan bagian dari upaya kampus untuk melakukan percepatan akreditasi jurnalnya. Para pengelola jurnal berharap PPJID terus mengadakan kegiatan ini secara rutin sehingga kualitas jurnal ilmu dakwah di Indonesia semakin baik.

Setelah kegiatan selesai para peserta kemudian membuat rilis berita kegiatan dan dipublikasikan di website kampus masing-masing dan juga web berita online. Berikut beberapa berita tentang kegiatan tersebut:

http://ppjid.org/ppjid-kembali-adakan-pelatihan-daring-reakreditasi-jurnal-seri-ke-2/

https://fdik.uinib.ac.id/berita/detail/pelatihan-dan-pendampingan-akreditasi-jurnal-bidang-ilmu-dakwah

https://fuad.iainpare.ac.id/2020/04/pengelola-jurnal-komunida-ikuti.html?m=1

https://maklumatnews.com/2020/04/19/pengelola-jurnal-wardah-ikuti-pelatihan-daring-reakreditasi-jurnal-ppjid/#ixzz6K48boAaj

http://md.uinsgd.ac.id/web/cat/5e9c285977d85

http://ilkom.unida.gontor.ac.id/semangat-ikuti-pelatihanpengelola-jurnal-sahafa-dan-ettisal-persiapkan-akreditasi-jurnal-di-tengah-wabah-pandemik
/
http://fakdakom.walisongo.ac.id/?p=2358

https://fdik.uinib.ac.id/berita/detail/pelatihan-dan-pendampingan-akreditasi-jurnal-bidang-ilmu-dakwah
Share:

Posting Komentar

Copyright © Uwes Fatoni. Customized by Kanguwes