p0MuwWpFrPrrcfdrrEZWjZtERz8bXr3eJnXli2c8

Quote Hari Ini

"Barangsiapa belum merasakan pahitnya belajar walau sebentar,
Ia akan merasakan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya." (Imam Syafei)

Cara Mudah Membuat Tabel Rekap Jurnal Terakreditasi Kampus

Hosting Unlimited Indonesia


Sedang hangat diperbincangkan di grup WA pengelola jurnal tentang hasil pengumuman akreditasi jurnal nasional terbaru tahun 2020 periode 3. Ada yang senang dengan hasilnya karena sesuai dengan ekspektasi mereka, namun ada juga yang terpaku karena nilainya ternyata lebih rendah dari hasil Evaluasi Diri. 

Salah seorang teman saya menanyakan di salah satu grup WA, Berapa tambahan jurnal UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang terakreditasi dan berapa total keseluruhan?

Saya pun menjawab dengan lengkap 

UIN Bandung mendapatkan tambahan 8 jurnal terakreditasi baru (termasuk reakreditasi naik peringkat). Rinciannya Jurnal terakreditasi Sinta 2 diraih 2 jurnal yaitu  IJHAR (akreditasi baru) dan Diroyah (naik peringkat dari Sinta 5 ke Sinta 2). Sedangkan terakreditasi Sinta 3 ada 5 buah yaitu IJIK, JTA, Politicon, JAQFI. Untuk terakreditasi Sinta 4 ada 2 buah yaitu Historia Madania dan HIJAI. Sedangkan Jurnal masuk Sinta 5 adalah JAPRA. Jadi Total Jurnal terakreditasi UIN Bandung sejumlah 43 jurnal  dengan rincian 13 Jurnal berada di Sinta 2,  12 jurnal terakreditasi Sinta 3, 12 jurnal berada di Sinta 4 dan 6 jurnal ada di Sinta 5.


Ia pun memberikan acungan jempol sebagai tanda senang. 

Sebenarnya jawaban panjang saya tersebut bisa disingkat dengan cukup mengirimkan tabel jumlah akreditasi yang sudah dimodifikasi. LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung termasuk yang rajin merilis tabel  jurnal yang terakreditasi setiap selesai pengumuman hasil akreditasi jurnal nasional. Data di dalamnya meliputi: Nama Jurnal, Nama Pengelola, Tahun Akreditasi, Peringkat Akreditasi di Sinta dan tanggal update data. 

Ada beberapa keuntungan pembuatan  tabel hasil akreditasi tersebut, yaitu:
1. Mengetahui peta publikasi jurnal kampus
2. Memudahkan pembuatan target peningkatan kualitas jurnal kampus ke depan.
3. Menjadi bagian keberhasilan pimpinan kampus (dipakai di slide ketika beliau presentasi)
4. Menjadi kebanggaan pengelola jurnal dan kampus

Nah teman-teman mungkin juga ingin mencoba membuatnya dan menambahkan data jurnal di kampusnya atau organisasinya seperti asosiasi pengelola jurnal satu bidang ilmu. Caranya mudah tinggal buat tabel di program Excel. masih ribet. Ya sudah ini saya buatkan template tabel dalam format excel yang bisa anda download dan isi sesuai data jurnal di kampus masing-masing. Silahkan lihat dan download filenya di bagian bawah ini.


Lalu bagaimana cara mendapatkan data jurnal kampusnya? mudah langsung cek saja di Portal Sinta Ristekbrin, bukan web Sinta yang lain ya, caranya:
1. buka https://sinta.ristekbrin.go.id/
2. Pilih Menu Affiliations - Affiliations
3. Cari nama kampus di kotak pencarian
4. Klik nama kampus hasil pencarian
5. Di tampilan data kanan atas pilih jumlah jurnal
6. Data jurnal pun diperoleh

Data di Web Sinta ini terkadang sudah data terbaru, terkadang juga masih data yang lama. Seperti punya UIN Bandung di Sinta masih tercantum 36 jurnal, padahal sudah ada tambahan 7 jurnal baru (plus 1 jurnal reakreditasi). Maka cek kembali data pengumuman hasil akreditasi di arjuna.ristekbrin.go.id/ termasuk data terbaru. Biar lebih cepat bisa buka di link ini https://www.kanguwes.com/2021/01/kumpulan-hasil-akreditasi-jurnal.html 

Setelah data selesai dibuat simpan dalam format PDF untuk mudah dibagikan. 

Bagaimana gampang kan? Silahkan dicoba dan hasilnya share di seluruh grup WA yang Anda ikuti.  

Kalau sebelumnya sudah ada bisa diupdate biar bisa diketahui peta kondisi jurnalnya dan rencana program peningkatan kualitas jurnal ke depannya.  Bisa dimasukkan juga nama jurnal yang sedang proses akreditasi dan yang belum terakreditasi. Kolom peringkat Sinta bisa diganti dengan keterangan tersebut.

Kalau Ada yang share hasilnya ke saya, akan saya buatkan postingan khusus tentang tabel jurnal tersebut di blog ini. Menarik kayaknya. 

Demikian cara mudah membuat tabel rekap jurnal terakreditasi kampus, Mudah-mudahan bermanfaat. Terima kasih. Bila ada pendapat atau pertanyaan bisa beri komentar di bawah.

Berikut contoh tabel rekap jurnal punya UIN Sunan Gunung Djati Bandung format PDF.



0 Viewers
Hosting Unlimited Indonesia
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar