p0MuwWpFrPrrcfdrrEZWjZtERz8bXr3eJnXli2c8

Quote Hari Ini

"Barangsiapa belum merasakan pahitnya belajar walau sebentar,
Ia akan merasakan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya." (Imam Syafei)

Tips Lolos Pengecekan Proposal Skripsi oleh Jurusal KPI Seri-1

Hosting Unlimited Indonesia

 

Sistematika Proposal Skripsi

Oleh: Dr. Uwes Fatoni

Banyak pertanyaan yang disampaikan oleh mahasiswa, khususnya di Jurusan KPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung tentang penulisan proposal skripsi. Jawaban yang sering saya sampaikan, ikuti sistematika skripsinya sesuai dengan buku panduan penulisan karya tulis ilmiah yang dikeluarkan oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SGD Bandung karena lebih rinci.

Sistematika proposal penelitian yang diajukan mahasiswa juga harus memperhatikan apakah menggunakan riset kualitatif atau riset kuantitatif karena ada beberapa perbedaan di antara keduanya dalam sistematika proposalnya.  Sistematika proposal ini harus diikuti secara konsisten jangan sampai ditambah atau dikurangi, tidak sesuai dengan buku pedoman.

Lalu bagaimana sistematika Proposal untuk penelitian kualitatif. Berikut ini sistematikanya.

A. Latar Belakang Penelitian

B. Fokus Penelitian

C. Tujuan Penelitian

D. Kegunaan Penelitian

      a. Kegunaan Secara akademis

      b. Kegunaan Secara  Praktis  

 E. Kajian Penelitian yang Relevan

 F. Landasan Pemikiran

        a. Landasan Teoritis

        b. Kerangka Konseptual

G. Langkah-langkah Penelitian 

     a. Lokasi Penelitian

     b. Paradigma dan Pendekatan

     c. Metode Penelitian

     d. Jenis Data dan Sumber Data

     e. Informan atau Unit Analisis

     f. Teknik Pengumpulan Data

     g. Teknik Penentuan Keabsahan Data

H. Rencana Jadwal Penelitian

Daftar Pustaka

Panduan Wawancara dan Observasi   

 

Berikut penjelasannya

Judul

Judul penelitian berisi pernyataan berupa konsep atau antarkonsep terkait fenomena yang akan diteliti serta menggambarkan isi penelitian. 

Judul Proposal harus menggunakan HURUF KAPITAL SEMUA, sedangkan anak judul menggunakan Huruf Kapital Awal. Cantumkan juga Nama Dosen Pembimbing di atas logo UIN SGD Bandung. Halaman judul tidak diberi nomor halaman. Sedangkan Halaman setelah halaman judul harus ditambahkan nomor halaman. Untuk Halaman 1 atau halaman dengan tulisan BAB maka nomor halaman cantumkan di bagian bawah tengah, sedangkan halaman 2 dan seterusnya posisi nomor halaman di kanan atas.

A. Latar Belakang Penelitian

Bagian ini berupaya mendeskripsikan keunikan atau kekhasan fenomena yang melatarbelakangi pemilihan topik penelitian yang diuraikan secara induktif. a) Deskripsi mengenai fenomena atau gejala umum yang menarik minat peneliti untuk melakukan penelitian lebih lanjut. b) Deskripsi gambaran umum   sebagai hasil   kajian pendahuluan mengenai keunikan atau kekhasan spesifik dari fenomena yang akan diteliti. c) Deskripsi mengenai keterkaitan topik penelitian dengan wilayah kajian keilmuan pada jurusan atau program studi. dan d) Deskripsi mengenai alasan akademik tentang urgensi dan signifikansi  pemilihan  topik  penelitian tersebut,  hingga tergambarkan alasan tentang kelayakan dan pentingnya (nilai) pemilihan topik untuk dijadikan sebagai fokus penelitian.

B. Fokus Penelitian

Bagian ini menjelaskan tentang pemusatan kajian yang akan diteliti, hingga tergambarkan secara jelas mengenai batasan yang menjadi arah penelitian, dilanjutkan dengan pernyataan penelitian. Isi uraian pada bagian ini terdiri atas : a) Fokus    penelitian    sebagai    uraian    tentang pokok penelitian yang dituliskan dalam bentuk pernyataan. b) Pertanyaan    penelitian    sebagai    turunan    dari fokus penelitian yang dirumuskan dalam bentuk pertanyaan penelitian.

C. Tujuan Penelitian

Bagian  ini  menjelaskan tujuan yang hendak dicapai melalui proses penelitian, karenanya tujuan penelitian harus dirumuskan dalam bentuk pernyataan  singkat, jelas dan tegas mengenai  tujuan  yang akan dicapai dalam kegiatan penelitian.

D. Kegunaan Penelitian

Bagian ini menjelaskan sumbangan hasil penelitian, baik secara akademis maupun secara praktis, karenanya pada bagian ini terdiri atas :
a.  Kegunaan Secara akademis
Bagian ini menguraikan tentang sumbangan hasil penelitian bagi pengembangan ilmu atau kontribusi hasil  penelitian bagi pengembangan khazanah pengetahuan sesuai dengan kajian ilmu pada jurusan/program studi. 

b. Kegunaan Secara  Praktis  

Bagian ini menguraikan tentang sumbangan  hasil penelitian yang bisa digunakan atau dimanfaatkan bagi lembaga tempat penelitian dilakukan, atau bagi lembaga pendidikan/universitas, fakultas dan jurusan/program studi.

E. Kajian Penelitian yang Relevan

Bagian ini mendeskripsikan sejumlah hasil penelitian yang dipandang  relevan  dengan  penelitian  yang  akan dilakukan. Uraian ini dapat dijadikan sebagai informasi awal mengenai berbagai hasil penelitian yang relavan, serta untuk memposisikan (persamaan dan perbedaan) penelitian yang akan dilakukan di antara penelitian tersebut. Uraian pada bagian ini diawali dengan paparan tentang penelitian yang relevan, selanjutnya beberapa penelitian yang relevan tersebut dibuatkan dalam bentuk tabel.

  F. Landasan Pemikiran
        a. Landasan Teoritis

Bagian ini menjelaskan secara singkat tentang teori yang akan  dijadikan  sebagai  landasan dalam memahami konteks sosial dan fenomena yang menjadi fokus penelitian. Uraian teori pada subbab ini, mulai dari nama penemu teori, sejarah dan orientasi teori, asumsi dasar dan dimensi atau statemen pokok yang ada pada teori, hingga lingkup dan implementasinya dalam kegiatan penelitian.

Fungsi teori dalam penelitian kualitatif,  khususnya pada  penelitian  untuk  skripsi  dapat  dijadikan  sebagai acuan awal dalam memahami realitas dan fenomena yang menjadi fokus penelitian serta dapat dijadikan sebagai kerangka kerja bagi peneliti untuk memahami dan melakukan kegiatan penelitian. Oleh karena itu manfaat teori dalam kegiatan penelitian kualitatif setidaknya dapat dijadikan sebagai acuan dalam menyusun asumsi dan atau definisi operasional dalam membuat desain penelitian yang akan dilakukan.

        b.Kerangka Konseptual

Bagian ini menjelaskan rumusan makna tentang berbagai konsep pokok yang terdapat dalam rencana penelitian. Rumusan konsep dalam kerangka konseptual (conceptual frame work) ini hanya menjelaskan asumsi dan komponen ide atau gagasan pokok yang terkandung dalam konsep yang terdapat dalam penelitian, karenanya uraian tentang konsep pada kerangka konseptual ini cukup hanya satu atau dua paragraf saja.

G. Langkah-langkah Penelitian
     a. Lokasi Penelitian

Bagian ini  menjelaskan  tempat (lokus)  penelitian dengan berbagai alasannya, sehingga menjadi terdeskripsikan secara jelas mengenai berbagai alasan peneliti memilih tempat tersebut sebagai lokasi penelitian. Untuk penelitian teks (web, buku, dll) yang tidak ada lokasi di lapangannya, maka sub bagian ini diganti menjadi Objek Penelitian.

     b. Paradigma dan Pendekatan

Bagian ini menjelaskan paradigma (perspektif) yang digunakan dalam penelitian, yaitu kerangka konseptual (conceptual frame work) yang menjadi seperangkat asumsi, nilai,  atau  gagasan  yang  memengaruhi persepsi  peneliti, dan pada gilirannya memengaruhi cara peneliti dalam melakukan penelitian. Di antara paradigma yang dapat digunakan dalam penelitian kualitatif adalah paradigma konstruktivisme. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian kualitatif merupakan pendekatan yang termasuk dalam kelompok paradigma interpretif (fenomenologis atau sosio-cultural). Penggunaan pendekatan penelitian, tentunya disesuaikan dengan karakteristik paradigma (perspektif) yang digunakan dalam penelitia.

     c. Metode Penelitian

Bagian  ini  menjelaskan  tentang metode  penelitian yang digunakan dalam penelitian disertai berbagai alasannya. Di antara alasan penting yang mesti dipertimbangkan dalam menentukan metode penelitian meliputi : (1) metode yang digunakan sesuai paradigma, pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan; (2) metode yang digunakan dapat menjawab fokus dan tujuan penelitian. Di antara metode yang dapat digunakan pada jenis penelitian kualitatif, misalnya; analisis wacana, fenomenologi, dan studi kasus. Pada bagian ini, dijelaskan pula beberapa alasan peneliti memilih metode penelitian yang digunakan. Misalnya: kesesuaian metode penelitian dengan paradigma penelitian, kesesuaian metode dengan jenis penelitian yang digunakan, karena tidak semua metode dapat digunakan untuk penelitian kuantitatif. 

     d. Jenis Data dan Sumber Data

         1) Jenis Data
Bagian ini menjelaskan tentang data yang akan dikumpulkan dalam penelitian sesuai jenis dengan tujuan penelitian. Dalam penelitian penelitian kualitatif  dengan pendekatan  subjektif  atau interpretif maka jenis data penelitian yang dikumpulkan adalah data kualitatif,  yakni data dalam  bentuk deskriptif atau naratif.
         2) Sumber Data
Bagian   ini   menjelaskan   tentang sumber data untuk mendapatkan data yang dibutuhkan  dalam penelitian,  meliputi;  sumber data primer dan sekunder.
              a)  Sumber Data Primer
Sumber data primer merupakan sumber data pertama atau subjek utama penelitian, dan daripadanya didapatkan data pokok atau data pertama. Sumber data primer ini merupakan responden atau informan yang terlibat langsung dengan fokus penelitian, dan dipandang memiliki data yang dibutuhkan, serta bersedia memberikan data secara akurat dan secara langsung kepada peneliti.
              b) Sumber Data Sekunder
Sumber  data  sekunder  merupakan  sumber data selain  dari  sumber  data  primer  atau sumber data kedua yang  daripadanya atau  dari tempat  tersebut  didapatkan  data tambahan yang dibutuhkan dalam penelitian. Di antara sumber  data  sekunder  berupa  dokumen, buku,artikel jurnal, majalah dan sumber lain yang relevan dengan fokus penelitian. 

        e. Informan atau Unit Analisis

Bagian ini menjelaskan tentang informan atau unit analisis dalam penelitian. Sub-bab ini menggunakan sebutan informan, jika penelitiannya dilakukan dalam setting  sosial dengan  sumber data primer atau yang menjadi subjek penelitiannya adalah manusia. Tetapi jika penelitian mengenai teks dengan sumber data primer atau yang menjadi objek penelitiannya adalah teks (misal: majalah atau surat kabar) maka sub ini menggunakan istilah Unit Analisis.

1)    Informan
Istilah Informan digunakan dalam penelitian kualitatif, sebuah penelitian dengan subjek penelitiannya manusia. Informan adalah orang atau pelaku yang benar-benar mengetahui dan  menguasai serta  terlibat  langsung  dengan  minat atau  fokus penelitian. Selanjutnya menguraikan teknik penentuan informan yang apabila sumber data primernya manusia. Pemilihan informan sebagai sumber data primer dalam penelitian didasarkan pada penguasaan dan  kepemilikan data yang menjadi fokus penelitian, serta informan bersedia memberikan informasi secara lengkap dan akurat. Sedangkan teknik penentuannya dapat menggunakan snowball atau purvosif atau lainnya yang dipandang relevan, dan disesuaikan dengan karakteristik serta kondisi informan.
2) Unit Analisis
Sub-bab ini diberi judul Unit Analisis dan tidak lagi menggunakan judul Informan apabila penelitian yang akan dilakukan merupakan penelitian terhadap teks. Unit  analisis merupakan batasan dari satuan obyek yang akan dianalisis  dari sebuah teks yang disesuaikan  dengan  fokus  dan  tujuan penelitian. Satuan unit analisis dapat dalam bentuk sebuah artikel, sebuah paragraf, atau sebuah kata dari teks yang akan dianalisis.

        f. Teknik Pengumpulan Data

Bagian ini menjelaskan tentang teknik pengumpulan data yang digunakan dalam rangka mengumpulkan data penelitian. Pilihan tentang teknik pengumpulan data yang akan digunakan mesti disertai dengan argumen, meliputi : (1) mengapa teknik tersebut dipandang tepat dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan; dan (2) data apa saja yang akan dikumpulkan melalui teknik tersebut.

        g. Teknik Penentuan Keabsahan Data

Bagian ini menjelaskan mengenai teknik menentukan keabsahan data. Teknik penentuan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan prosedur untuk  menentukan dan menunjukkan  keakuratan data yang dikumpulkan  dalam penelitian kualitatif, misal: triangulasi, reflektivitas, dan otentisitas.

        h. Teknik Analisis Data

Bagian  ini  menjelaskan  tentang  teknis  analisis  data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian di lapangan. Dalam penelitian kualitatif, teknik analisis data dilakukan sepanjang penelitian berlangsung mulai dari awal hingga akhir penelitian   di lapangan.  Akan   tetapi   dalam melakukan analisis akhir atas data yang dikumpulkan di lapangan, dilakukan tahapan analisis data secara khusus, misalnya melalui tahapan : reduksi data, penyajian atau display data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan.

H. Rencana Jadwal Penelitian

Bagian ini menjelaskan rencana atau jadwal penelitian disertai dengan tahapan kegiatan penelitian yang akan dilakukan. Bagian ini dibuatkan dalam bentuk tabel dengan baris ke bawah berisi rencana penelitian mulai dari awal penyusunan proposal, kegiatan dalam 12 kali bimbingan sampai sidang munaqasah, kolom tabel ke kanan berisi bulan kegiatan minimal 4 bulan sejak penyusunan proposal.

Daftar Pustaka

Bagian ini mendaftar seluruh kepustakaan yang digunakan sebagai rujukan dalam penyusunan proposal penelitian, baik berupa buku, jurnal, dan karya ilmiah lainnya yang ditulis berdasarkan urutan abjad. 

Proposal skripsi wajib mengutip artikel jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan KPI (Jurnal Tabligh: https://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/tabligh) diterbitkan oleh Fakultas (Jurnal Ilmu Dakwah https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/idajhs dan Jurnal Communicatus https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/CJIK) serta artikel yang ditulis oleh dosen pembimbing skripsi dan dosen yang mengajar di Jurusan KPI. 

Mahasiswa juga wajib mengutip buku yang ditulis oleh dosen pembimbing skripsi dan dosen yang mengajar di Jurusan KPI. Cari nama dosen tersebut di scholar.google.co.id

Panduan Wawancara dan Observasi  

Bagian ini menyusun sejumlah pertanyaan pokok yang akan digunakan  dalam  penelitian.  Panduan  wawancara  dan panduan observasi  ini  akan  dijadikan  sebagai  pedoman untuk melakukan wawancara kepada informan dan melakukan observasi di lapangan sesuai dengan fokus dan lokasi penelitian.

--------

Sedangkan sistematika proposal penelitian kuantitatif memiliki beberapa perbedaan yang harus diperhatikan, yaitu sebagai berikut :

        Judul

        A. Latar Belakang Masalah

        B. Perumusan Masalah

        C. Tujuan Penelitian

        D. Kegunaan Penelitian

            a. Secara Akademis

            b. Secara  Praktis

        E. Kajian Penelitian yang Relevan

        F. Kerangka Pemikiran

        G.  Hipotesis   

        H. Langkah-langkah Penelitian

            a. Lokasi Penelitian
            b. Paradigma dan Pendekatan
            c. Metode Penelitian
            d. Jenis Data dan Sumber Data
            e. Populasi dan Sampel
            f. Teknik Pengumpulan Data
            g. Validitas dan Reliabilitas
            h. Teknik Analisis Data
        I. Rencana Jadwal Penelitian
        Daftar Pustaka
        Kuesioner, Panduan Wawancara dan Panduan Observasi

Untuk mahasiswa Fakultas Dakwah bisa baca buku PEDOMAN PENULISAN SKRIPSI yang dikeluarkan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SGD Bandung berikut:

https://drive.google.com/file/d/1kaJQjJTQB7ME0J6L-H3GDg0EPoEZTt1s/view

Untuk membaca buku panduan karya tulis ilmiah bisa di bawah ini, scroll ke bawah.

0 Viewers
Hosting Unlimited Indonesia
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar