p0MuwWpFrPrrcfdrrEZWjZtERz8bXr3eJnXli2c8

Quote Hari Ini

"Barangsiapa belum merasakan pahitnya belajar walau sebentar,
Ia akan merasakan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya." (Imam Syafei)

Matkul Jurnalisme Dakwah Hantarkan 43 Tulisan Mahasiswa Dimuat di Koran Media Nasional

Hosting Unlimited Indonesia

 


Salah satu tantangan dalam mengajar mahasiswa Komunikasi, khususnya Komunikasi dan Penyiaran Islam di UIN Sunan Gunung Djati Bandung adalah kesadaran mental dan kurangnya motivasi (lack of motivation) mahasiswa dalam menulis. Hasil survei setiap tahun di awal semester terhadap mahasiswa tentang apa passion (ketertarikan) mereka dalam tiga ranah KPI, maka pilihan kompetensi penulisan (kitabah) termasuk yang paling sedikit di pilih dibandingkan penyiaran (i'lam) dan public speaking (khitabah).

Menulis sebagai keahlian mendasar manusia, selain berbicara, mendengar dan membaca memang termasuk keahlian yang paling berat dan paling susah. Dibandingkan dengan keahlian mendengar dan membaca yang tidak dituntut aktivitas yang tinggi, atau disebut juga kemampuan pasif, keahlian menulis sejajar dengan keahlian berbicara, termasuk keahlian aktif. Dalam melakukan aktivitas berbicara atau menulis seseorang dituntut untuk mengeluarkan gagasan, meyakinkan pendengar atau pembaca nya agar pesan yang dikirimnya bisa diterima dan kalau perlu disetujui.

Keahlian menulis juga menuntut energi yang besar. Orang yang ingin mahir menulis harus mahir membaca. Tidak mungkin punya gagasan yang bagus dan brilian untuk dicurahkan dalam tulisan kalau tidak memiliki pengetahuan, dan pengetahuan itu diperoleh dari membaca. Jadi kemampuan menulis itu adalah kemampuan yang berat karena diperlukan energi besar untuk bisa melakukannya, apalagi bisa melakukan secara konsisten atau istiqomah.

Kurangnya ketertarikan dalam kompetensi menulis di kalangan mahasiswa ini sebenarnya bukan kondisi sebenarnya dari kemampuan mahasiswa itu sendiri. Kecerdasan mereka sebagai mahasiswa yang lulus seleksi masuk perguruan tinggi tentu melebihi kecerdasan orang yang tidak lulus seleksi atau orang yang tidak kuliah. Dengan modal dasar kecerdasan tersebut, sejatinya mahasiswa hanya perlu diarahkan agar memiliki kemampuan menulis.

Inilah yang dipraktekkan dalam mata kuliah Jurnalisme Dakwah di Jurusan KPI UIN SGD Bandung. Mahasiswa dengan modal dasar kecerdasan yang tinggi meski dengan passion yang kurang bisa dilatih dan diarahkan untuk mahir menulis. Salah satu bentuk latihan menulis dalam mata kuliah ini adalah menulis opini yang dikirimkan ke media nasional. Di antara media nasional yang memberikan peluang untuk dimuat tulisan opini level mahasiswa adalah Media Indonesia. Tugas penulisan opini ini sudah diterapkan sejak 5 tahun lalau, yaitu 2017 dan sudah berhasil menghantarkan puluhan tulisan mahasiswa untuk dimuat di media nasional tersebut. 

Tahun 2021 ini mulai Bulan Oktober mahasiswa diarahkan untuk menulis dan mengirimkan tulisan ke Kolom Forum Media Indonesia. Sebelumnya sejak awal kuliah bulan September mereka diajarkan tentang dasar-dasar penulisan, gambaran Koran Media Nasional, Teknik menulis opini dan teknik mengirimkan tulisan. Alhamdulilah sampai pertengahan bulan Januari 2022 ada 43 tulisan yang dimuat (sebelumnya di bulan Desember baru 26 tulisan yang dimuat). Bahkan pada hari Kamis, 7 Desember 2021 terjadi hattrick, yaitu 3 tulisan dimuat sekaligus dalam satu hari. tampilan layarnya bisa bisa dilihat dalam gambar di atas tulisan ini. Kejadian tersebut menjadi penanda keberhasilan yang patut untuk disyukuri baik oleh mahasiswa maupun dosennya.

Ketika tulisan tersebut dimuat, lalu dirayakan keberhasilannya dengan menginformasikannya di Grup WA mahasiswa, Grup WA dosen jurusan KPI, Grup WA dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi dan Grup WA Riset Dosen. Apresiasi banyak diberikan oleh anggota grup tersebut. Selain dishare di grup WA tulisan tersebut juga dipostingkan di Media Sosial Facebook UIN Sunan Gunung Djati sehingga bisa dibaca lebih luas. 

Tentu upaya ini hanya tahap awal untuk membentuk kompetensi menulis mahasiswa KPI. Masih banyak tahapan lainnya untuk mencapai keahlian penulisan sebagai Capaian Lulusan KPI. Tapi paling tidak tulisan mereka dimuat di media nasional bisa menjadi pengalaman bahwa mereka mampu menulis dengan baik dan mereka memiliki modal dasar untuk mahir menulis.

Diharapkan rutinitas mengirimkan tulisan ke media nasional ini bukan sekedar hanya untuk memenuhi kewajiban tugas mata kuliah, tapi bisa berlanjut menjadi passion dan hobi mereka. Sehingga Profil Lulusan Prodi KPI sebagai ahli dalam tabligh termasuk melalui tulisan bisa tercapai. Semoga

Berikut Tulisan Output Kuliah Jurnalisme Dakwah KPI Semester ganjil 2021/2022 yang dimuat di Media Nasional

  1. Sri Pujianti Nurohmah, (Judul: Ucapkan Selamat Datang buat Pancaroba) dimuat di kolom Forum Media Indonesia, Jum'at 15 Oktober 2021
  2. Raghib Musoffa Kamil  (Judul: Jangan Abaikan Kebutuhan Tubuh) dimuat di Kolom Forum Media Indonesia, Sabtu, 23 Oktober 2021.
  3. Ike Srilopita Nurdianti  (Judul: Pancaroba Tidak Bisa Dihindari, Tapi Diantisipasi) dimuat di Kolom Forum Media Indonesia, Sabtu, 23 Oktober 2021.
  4. Aulikha Fiony CS (Judul: Manajemen Persepsi saat Peralihan Musim) dimuat di Kolom Forum Media Indonesia, Selasa, 26 Oktober 2021
  5. Keukeu Eva Fitriani (Judul: Dampak Pancaroba bagi Petani Padi) di Kolom Forum Media Indonesia, Selasa, 26 Oktober 2021
  6. Patra Sentosa Nugraha (Judul: Meraup Cuman saat Penghujan) dimuat di Kolom Forum Media Indonesia, Rabu, 27 Oktober 2021.
  7. Keukeu Eva Fitriani (Judul: Dampak Pancaroba bagi Petani Padi) dimuat di Kolom Forum Media Indonesia, Rabu, 3 November 2021.
  8. Ahmad Zaydan (Judul: Sudahi Liburan Mari Karantina Dulu) dimuat di Kolom Forum Media Indonesia, Sabtu, 5 November 2021.
  9. Dewi Sri Hardiani (Judul: Bantulah Buat Konten Mengedukasi, Bukan Sensasi) dimuat di Kolom Forum Media Indonesia, Sabtu, 6 November 2021.
  10. Arrumy Marwa (Judul: Ingat Korona Belum Sirna) dimuat di kolom forum Media Indonesia Sabtu 13 November 2002 1
  11. Aldo (Judul: tetap produktif walau harus Isolasi) dimuat di kolom forum Media Indonesia Sabtu 13 November 2021.
  12. Rio Mugni Firdaus (Judul: toleransi antar agama dalam perspektif Islam) dimuat di kolom pada media Indonesia Jumat 19 November 2021.
  13. Rifaldi Andzani (Judul: hargai Dan hormati perbedaan) dimuat di kolom pada Media Indonesia sabtu 20 November 2021.
  14. Qiathy Anjani ( Judul: sudahkah kita bertoleransi hari ini?) Dimuat di kolom forum Media Indonesia Rabu, 24 November 2021.
  15. Ayu Sri Wahyuni (Judul: toleransi kunci pemersatu negeri) Dimuat di kolom forum Media Indonesia Rabu, 24 November 2021.
  16. Zennita Meida Abdillah (Judul: Bertoleransi dalam Sosial Kemasyarakatan) Dimuat di kolom forum Media Indonesia Sabtu, 26 November 2021.
  17. Azhar Ubaidillah Assakhai (Judul: Ada Hak Orang Lain yang Harus Dihormati) Dimuat di kolom forum Media Indonesia Sabtu, 26 November 2021.
  18. Al-Kindi Nur Fuadi (Judul: Keamanan dan Kenyamanan Bersama Jadi Hal Penting) Dimuat di kolom forum Media Indonesia Sabtu, Rabu, 1 Desember 2021.
  19. Afriani Awaliyah (Judul: Bagaimana Kita Hidup dengan Keberagaman) Dimuat di kolom forum Media Indonesia Sabtu, Jum'at, 3 Desember 2021.
  20. Keukeu Eva Fitriani (Judul: Ada Adab saat Berselancar) Dimuat di kolom forum Media Indonesia Sabtu, Jum'at, 3 Desember 2021.
  21. Zahra Fatiyatul Aula (Judul: Kaitan Nilai Toleransi dan Pancasila) Dimuat di kolom forum Media Indonesia Jum'at, 3 Desember 2021.
  22. Alivva Rahmani (Judul: Membangun Pengaruh Diri secara Bijak) Dimuat di kolom forum Media Indonesia Sabtu, Sabtu, 4 Desember 2021. 
  23. Banafsha Saffa (Judul: Dewasa bukan soal Usia, melainkan Cakap Bermedia) dimuat di Kolom Forum Media Indonesia Selasa, 7 Desember 2021
  24. Ahmad Fahmi LF (Judul: Jadilah Warganet yang Bijak) dimuat di Kolom Forum Media Indonesia Selasa, 7 Desember 2021
  25. Dewi Sri Hardiani  (Judul: Kebajikan Ada di Tangan Kita) dimuat di Kolom Forum Media Indonesia Selasa, 7 Desember 2021
  26. Annisa Aprilyanti (Judul: Kalau Bijak, Keuntungan Bisa Didapat) dimuat di Kolom Forum Media Indonesia Kamis, 9 Desember 2021
  27. Ahmad Zaydan, (Judul: Waspada Provokasi di Dunia Maya) dimuat di Kolom Forum Media Indonesia Sabtu, 11 Desember 2021
  28. Indah Nurhayati (Judul: Bencana Membuat Ibu Pertiwi Terus Bersedih dimuat di Kolom Forum Media Indonesia Rabu, 29 Desember 2021
  29. Ahmad Zaydan, (Judul: Wilayah Bencana bukan Objek Wisata dimuat di Kolom Forum Media Indonesia Rabu, 29 Desember 2021
  30. Muthi Muthmainah, (Judul: Episode Menyedihkan bagi Bangsa Indonesia) dimuat di Kolom Forum Media Indonesia Rabu, 29 Desember 2021
  31. Dian Ramadhan (Judul: Berkaca dari Kejadian Sebelumnya)  dimuat di Kolom Forum Media Indonesia Jum'at, 31 Desember 2021
  32. Indah Nurhayati (Judul: Bencana Membuat Ibu Pertiwi Terus Bersedih) dimuat di Kolom Forum Media Indonesi, Selasa, 4 Januari 2022.
  33. Arrumy Marwa P. (Judul: Duka Korban Semeru Duka Kita Bersama) dimuat di Kolom Forum Media Indonesi, Kamis, 6 Januari 2022.
  34. Aisyah Azizatunnida (Judul: Saatnya Kita Menjadi Kuat Kembali) dimuat di Kolom Forum Media Indonesi, Jumat, 7 Januari 2022.
  35. Muthi Muthmainah (Judul: Episode Menyedihkan Bagi Bangsa Indonesia)  dimuat di Kolom Forum Media Indonesia, Jumat, 7 Januari 2022.
  36. Fadiyah Citra Azhari (Judul: Waspada, Jangan Malah Ikut Menyebar Hoaks) dimuat di Kolom Forum Media Indonesia, Selasa, 11 Januari 2022.
  37. Anggi Anggraeni (Judul: Kebersamaan dalam Keberagaman Agama) dimuat di Kolom Forum Media Indonesi, Rabu, 12 Januari 2022.
  38. Setia Irham Faqih Mustaqim (Judul: Bencana dan Gerakan Hati Kita) dimuat di Kolom Forum Media Indonesia, Kamis, 13 Januari 2022.
  39. Rio Mughni Firdaus (Judul: Tanggulangi Bencana Sebelum Berduka) dimuat di Kolom Forum Media Indonesia, Kamis, 13 Januari 2022.
  40. Anggi Anggraeni (Judul: Turunkan Korona dengan Karantina) dimuat di Kolom Forum Media Indonesia,  Jum'at, 14 Januari 2022.
  41. Roby Firdaus (Judul: Sikap saat Berselancar di Dunia Maya)  dimuat di Kolom Forum Media Indonesia,  Jum'at, 14 Januari 2022.
  42. Rifaldi Andzani (Judul: Selamatkan Alam demi Kemaslahatan Bersama) dimuat di Kolom Forum Media Indonesia,  Sabtu, 15 Januari 2022.
  43. Khariza Rizka Fadillah (Judul: Bijak Menggerakan Jari Jemari) dimuat di Kolom Forum Media Indonesia,  Sabtu, 15 Januari 2022.

(Jumlah tulisan di atas masih diupdate sampai akhir Januari 2022)

0 Viewers
Hosting Unlimited Indonesia
Related Posts
Terbaru Load More

Related Posts

Posting Komentar